Senin, 21 Mei 2018

Cara Factory Reset Xiaomi Mudah Tanpa Ribet

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang akhir-akhir ini booming dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal itu disebabkan karena ponsel ini memiliki harga yang cukup bersahabat untuk kalangan menengah ke bawah. Dengan harga yang cukup terjangkau spesifikasi ponsel ini tidak kalah baiknya dengan ponsel mahal. Tidak sampai pada spesifikasi saja karena desain dan body yang cantik juga menjadi salah satu alasan mengapa ponsel ini menjadi favorit masyarakat Indonesia. Dibalik itu semua, ponsel Xiaomi juga memiliki spesifikasi multitasking yang cukup bagus dengan MIUInya.

Namun, walaupun begitu tidak menutup kemungkinan beberapa pengguna bisa mendapatkan masalah khususnya pada software dan sistem androidnya. Jika hal tersebut terjadi, maka melakukan factory reset bisa menjadi solusi. Cara factory reset Xiaomi cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah.
Cara mudah factory reset pada smartphone Xiaomi

Apabila terjadi kerusakan pada sistem android atau software, maka kita akan mendapati berbagai masalah yang memusingkan karena ponsel akan sangat sulit untuk dioperasikan. Beberapa masalah seperti aplikasi terhenti, launcher terhenti, bootloop, brick, layar tidak respon dengan sentuhan, hank, layar blank, dan permasalahan lain yang bisa membuat kita kesal pada android kita. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memperbaikinya dengan cara membersihkan data aplikasi, menghapus file sampah, factory reset atau bisa juga dengan flashing dengan ROM Xiaomi yang baru. Untuk kesempatan kali ini, kita akan menggunakan cara factory reset pada Xiaomi yang bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Hard reset/ factory reset ini sendiri merupakan salah satu fitur yang disematkan pada menu recovery mode Xiaomi. Fitur ini memiliki tujuan untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik atau awal. Dengan adanya factory reset ini anda tentunya akan lebih mudah saat mengatasi berbagai masalah pada ponsel. Akan tetapi, jika anda ingin melakukan proses ini, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah membackup semua file yang ada didalam ponsel. Jika sudah membackup semuanya, anda bisa mengikuti Cara factory reset Xiaomi sebagai berikut:

1. Matikan terlebih dahulu ponsel Xiaomi kalian serta copot memory dan sim card anda

2. Hidupkan kembali ponsel dengan menekan tombol power + volume up bersamaan

3. Jika muncul logo Xiaomi, maka lepaskan kedua tombol secara bersamaan

4. Selanjutnya akan muncul 3 menu pilihan, 2 menu dalam tulisan mandarin.

5. Gunakan tombol Volume down dan arahkan ke bahasa inggris

6. Berikutnya adalah menekan tombol power

7. Dilayar selanjutnya akan muncul 4 menu diantaranya adalah reboot, wipe & reset, install update .zip to system dan menu power off dengan cara sama seperti pada langkah kelima dengan pilih “wipe & Reset”.

8. Disini, kalian akan disuguhi dengan 4 menu (3 pilihan wipe dan 1 menu back). Untuk kembali ke Pengaturan awal (pengaturan pabrik), pilihlah wipe all data. Saat muncul konfirmasi pilih “OK”

9. Proses akan segera dimulai dan tunggulah hingga proses selesai dan berhasil 100%.

10. Jika sudah anda bisa mencoba untuk Reboot atau Restart ponsel Xiaomi anda.

11. Proses selesai

Demikianlah Cara factory reset Xiaomi yang bisa kalian lakukan jika ponsel Xiaomi anda bermasalah. Cara factory reset di Xiaomi ini bisa dikatakan cukup mudah karena tidak perlu menggunakan aplikasi/ software luar. Reset ini dilakukan di sistem recovery sehingga anda tidak perlu khawatir apabila ponsel rusak atau bermasalah disistem android ataupun software dalamnya.
Cara Factory Reset Xiaomi Mudah Tanpa Ribet Rating: 4.5 Posted by: Aggil Pondaag

0 komentar:

Posting Komentar